EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Perencanaan Karir Santriwati di Pondok Pesantren: Sebuah Kajian Fenomenologi

Herdiana Putri Indahsari (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Ari Khusumadewi (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan karir santriwati di pondok pesantren Al-Muqoddasah kabupaten Ponorogo. Fokus penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi perencanaan karir santriwati di pondok pesantren Al-Muqoddasah kabupaten Ponorogo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah satu santriwati berkategori rendah dan satu santriwati berkategori tinggi dilihat dari hasil perolehan angket perencanaan karir. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah perbedaan kedua subjek terletak pada kesadaran diri dari masing-masing individu untuk mencari informasi karir secara mandiri, dan semangat dari diri sendiri untuk mempersiapkan karirnya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dari 76 santriwati terdapat 64% santriwati belum memiliki perencanaan karir yang baik, 61% santriwati yang kurang memahami bakat dan minat dirinya sendiri, 68% santriwatati merasa kurang mendapat informasi karir, dan 57% santriwati belum memiliki pandangan karir setelah lulus dari pondok

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...