EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Peningkatan Prestasi Belajar Tema Peristiwa Alam melalui Metode Demonstrasi dengan Berbantuan Media Pembelajaran Microsoft Sway di Sekolah Dasar

Pungky Saheriestyan (Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia)
Nurita Primasatya (Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia)
Elissyarifatul Hidayah (Sekolah Dasar Negeri Burengan 2, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tuntasnya pemahaman siswa dalam muatan matematika, sehingga memerlukan perbaikan dari segi sistem pembelajaran. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui metode demonstrasi dengan berbantuan media pembelajaran microsoft sway dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 pada tema Peristiwa Alam. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan melalui 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa, dari pra-siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra-skilus, rata-rata nilai prestasi belajar siswa hanya sebesar 65,71 dengan presentase ketuntasan 32,14%. Setelah diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui metode demonstrasi dengan berbantuan media pembelajaran microsoft sway ketuntasan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai hingga 73,21 dengan presentase ketuntasan sebesar 50%. Pada siklus II mengalami peningkatan prestasi belajar siswa hingga diperoleh rata-rata nilai mencapai 80,36 dengan presentase ketuntasan sebesar 75%. Dengan demikian, dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui metode demonstrasi dengan berbantuan media pembelajaran microsoft sway dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 pada tema Peristiwa Alam

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...