EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Kimia

Vina N Van Harling (Politeknik Saint Paul Sorong, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir siswa selama proses belajar dari rumah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Quasi Experimental, dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistic inferensial yang diawali dengan pengujian normalitas data dengan mengunakan uji Kolmogorov-Smirnov dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Uji prasyarat ini bila menunjukkan data berdistribusi normal maka akan dilakukan pengujian dengan menggunakan statistic parametrik yaitu uji t, sementara bila hasil pengujian prasyarat data yang dihasilkan tidak berdistribusi normal maka pengujian akan menggunakan statistic non parametrik. Hasil pengujian diperoleh hasil sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari < nilai probabilitas 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai Hi diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan video pembelajaran untuk mata pelajaran kimia terhadap kemampuan berpikir siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...