EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Keefektifan Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Avillia Nuraenita (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Een Nurhasanah (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Cikarang Timur. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif karena data-data disajikan berupa angka dan dianalisis menggunakan bentuk statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental desains. Adapun perlakuan media gambar yang diuji cobakan pada akhir tes atau disebut posttest. Jadi, keterampilan menulis teks prosedur akan diberikan pada awal tes (pretest) sebelum diberikan perlakuan, lalu tes keterampilan menulis teks prosedur selanjutnya diberikan setelah adanya perlaku (posttest). Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cikarang Timur. Pemilihan sampel menggunakan Sampling Purposive, maka berdasarkan hal tersebut peneliti disarankan oleh guru bidang studi yang bersangkutan untuk mengambil sampel pada kelas VII.1 dengan jumlah siswa 39. Desain penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil pengolahan data, tampak bahwa hasil tes kemampuan siswa kelas VII.1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cikarang Timur dalam keterampilan menulis teks prosedur berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 75

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...