Penelitian ini membahas bagaimana proses penciptaan makna dalam sebuah pementasan teater. Dalam pementasan teater sering kali ditemukan banyak makna yang tentu saja menimbulkan lebih dari satu arti yang berbeda pada masing-masing penonton. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana makna yang hadir dalam pementasan teater “Racun Tembakau” karya Anton Chekov yang dimainkan oleh seniman Teater Gabung Unsika. Pun, peneliti ingin mengetahui bagaimana aktor dan sutradara sebuah pementasan teater membangun dan menciptakan tanda-tanda yang menunjukkan adanya budaya matriarki dalam pementasan “Racun Tembakau” tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian yang bersifat kualitatif, yang mana peneliti melakukan pendeskripsian atas elemen-elemen yang terkait dalam berjalannya penelitian. Metode deskripsi dilakukan mulai dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, sampai dengan yang terakhir yaitu membuat kesimpulan. Dalam mengkaji penelitian ini, peneliti menggunakan teori semiotika dari Charles S. Pierce sebagai acuan dalam menganalisis data-data yang sudah terkumpul. Isi penelitian ini merupakan hasil pendeskripsian peneliti dengan berlandaskan teori yang digunakan. Hasil yang didapat dari penelitian ini mengungkap adanya budaya matriarki dalam pementasan tersebut
Copyrights © 2021