EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengaruh Manajemen Kelas Dan Etos Kerja Terhadap Efektivitas Pembelajaran Guru Pada Masa Pandemi Covid 19

Pitriyani Pitriyani (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian yaitu melihat pengaruh manajemen kelas dan etos kerja terhadap efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jambi Luar Kota. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif. Rancangan penelitian yaitu survey dalam bentuk survey deskriptif. Anggota populasi yaitu keseluruhan guru kecamatan Jambi Luar Kota. Pengambilan Sampel mengunakan Teknik Probability sampling. Data dilakukan melalui kuesioner, memakai skala likert kisaran 1-5. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kelas berpengaruh dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jambi Luar Kota. Nilai signifikansi manajemen kelas 0. 00 < 0.05 dan nilai ttabel 9.023 > 1.972. Etos kerja berpengaruh dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jambi Luar Kota. Nilai signifikansi etos kerja 0. 003 < 0.05 dan nilai ttabel 3.007 > 1.972. Manajemen kelas dan etos kerja secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jambi Luar Kota. Nilai Fhitung > nilai Ftabel atau 5.169 > 3.04 dan tingkat signifikan 0.007 < 0.05. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...