Tujuan penelitian yaitu melihat pengaruh manajemen kelas dan etos kerja terhadap efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jambi Luar Kota. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif. Rancangan penelitian yaitu survey dalam bentuk survey deskriptif. Anggota populasi yaitu keseluruhan guru kecamatan Jambi Luar Kota. Pengambilan Sampel mengunakan Teknik Probability sampling. Data dilakukan melalui kuesioner, memakai skala likert kisaran 1-5. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kelas berpengaruh dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jambi Luar Kota. Nilai signifikansi manajemen kelas 0. 00 < 0.05 dan nilai ttabel 9.023 > 1.972. Etos kerja berpengaruh dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jambi Luar Kota. Nilai signifikansi etos kerja 0. 003 < 0.05 dan nilai ttabel 3.007 > 1.972. Manajemen kelas dan etos kerja secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jambi Luar Kota. Nilai Fhitung > nilai Ftabel atau 5.169 > 3.04 dan tingkat signifikan 0.007 < 0.05.
Copyrights © 2021