Seminar Nasional Keperawatan
Vol 7, No 1 (2021): Proceeding Seminar Nasional 2021

MODEL PENGEMBANGAN INTERVENSI ANTI-BULLYING GAME PADA REMAJA KORBAN BULLYING

Zulian Effendi (Departemen Keperawatan Jiwa, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya, Palembang)
Sri Maryatun (Departemen Keperawatan Jiwa, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya, Palembang)
Herliawati Herliawati (Departemen Keperawatan Jiwa, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya, Palembang)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2021

Abstract

Bullying merupakan fenomena yang semakin mengkhawatirkan, khususnya di bidang pendidikan. Beberapa penelitian menemukan bahwa individu yang menjadi korban bullying memiliki dampak psikologis seperti depresi, pasif, rasa malu yang berlebihan, mengalami trauma dan menarik diri dari lingkungan sosialnya. Banyaknya dampak psikologis bullying yang muncul pada remaja membuat peneliti tertarik untuk mengembangkan model intervensi game anti bullying pada remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model intervensi game anti-bullying bagi korban bullying. Desain penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam 6 tahap yaitu konsep, desain, pengumpulan material, manufaktur, pengujian dan distribusi. Penelitian ini menghasilkan model intervensi game anti bullying untuk remaja berupa produk game edukasi yang terdiri dari game board dan flashcard. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan secara bertahap dapat mengurangi dampak perilaku bullying pada remaja di sekolah.Kata kunci: Intervensi, Bullying, Game, Remaja

Copyrights © 2021