Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan antara model kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap pemahaman matematis siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap kepercayaan diri siswa, (3) terdapat interaksi antara siswa keterampilan matematika awal dan model pembelajaran untuk pemahaman matematika siswa, (4) terdapat interaksi antara keterampilan matematika awal dan model pembelajaran untuk kesadaran diri siswa. Alat bantu yang digunakan terdiri dari: (1) keterampilan matematika awal siswa, (2) tes keterampilan komunikasi, (3) angket kepercayaan diri. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis inferensi. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari dengan 0,05 (2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dengan dengan nilai sig. 0,037 lebih kecil dari dengan 0,05 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap percaya diri siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari dengan 0,05 (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap percaya diri siswa dengan nilai sig. 0,172 lebih besar dari dengan 0,05Kata Kunci: KAM, Model STAD, Jigsaw, Kemampuan Pemahaman, Percaya Diri
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021