Jurnal Bisnis Darmajaya
Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Bisnis Darmajaya

DAMPAK KEBUTUHAN SOSIAL DAN PENGARUH SOSIAL PADA PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PONSEL CERDAS

Antonius Satria Hadi (1Fakultas Ekonomi, Universitas Widya Mataram Dalem Mangkubumen KT III/237 Yogyakarta Telepon: 0274-374352, Fax: 0274-381722)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aspek-aspek sosial yaitu kebutuhan sosial dan pengaruh sosial terhadap ketergantungan dan pengaruh ketergantungan terhadap ponsel cerdas pada niat pembelian ulang. Kebutuhan sosial dan pengaruh sosial adalah aspek sosial sebagai faktor yang memicu ketergantungan. Kebutuhan sosial meliputi keinginan untuk dicintai, berteman dan diterima oleh orang lain. Sedangkan pengaruh sosial adalah cara seseorang untuk memengaruhi keyakinan, perasaan, dan perilaku orang lain. Penelitian ini memiliki tiga hipotesis. Data dikumpulkan dari responden yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik pemodelan persamaan struktural dengan bantuan perangkat lunak LISREL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan sosial dan pengaruh sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketergantungan, sedangkan ketergantungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang. Semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Masing-masing hipotesis dibahas secara detil dalam artikel ini. Kata Kunci — kebutuhan sosial, pengaruh sosial, ketergantungan, niat pembelian ulang, ponsel cerdas

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JurnalBisnis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Bisnis Darmajaya adalah jurnal yang bertujuan untuk menjadi platform peer-review dan sumber informasi dalam bidang ekonomi. Kami mempublikasikan makalah hasil penelitian, studi kasus, dan meta analisis yang berfokus pada ilmu manajemen, akuntansi, maupun kewirausahaan serta topik yang ...