Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 8, No 3 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMAN 1 Pangkalan Bun

Umi Fadillah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Atiqa Sabardila (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Abstrak: Penulisan artikel ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapkan pendidikan karakter di masa pandemi covid-19, (2) mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter siswa seperti: tanggung jawab, disiplin, jujur, kreatif dan mandiri siswa di SMAN 1 Pangkalan Bun. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif, teknik yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Hasil dari temuan ini yaitu (1) penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan cara merancang pembelajaran yang menarik agar peserta didik tidak merasa bosan ataupun jenuh ketika mengikuti pembelajaran daring, (2) menerapkan kedisiplinan dalam pengumpulan tugas, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, guru memberikan contoh yang baik kepada peserta didik terutama pada karakter tanggung jawab, disiplin, jujur, kreatif dan mandiri. 

Copyrights © 2021