Latar belakang masalah, adanya permasalahan dalam pembelajaran sejarah saat ini dari kurikulum yang teks book hingga kurang kreatifnya guru dalam mengembangkan materi menyebabkan siswa kurang tertarik dengan pelajaran sejarah. Akibatnya banyak siswa yang tidak memperoleh nilai tuntas dalam mata pelajaran sejarah. Maka peneliti merencanakan pembelajaran dengan metode PAIKEM sebagai solusi. Beradasarkan latar belakang masalah seperti yang telah diuraikan di atas maka beberapa masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Apakah melalui strategi pembelajaran Model PAIKEM dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu bagi siswa kelas VIII C SMP 2 Sukorejo, 2. Apakah Strategi Pembelajaran PAIKEM merupakan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan penguasaan materi IPS Terpadu bagi siswa kelas VIII C SMP 2 Sukorejo. Dalam penulisan penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Analisis data dengan deskriptif komparatif dan secara kualitatif maupun kuantitatif.Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan diperoleh jika tingkat ketuntasan pembelajaran minimal tercapai 75 %. Prosedur penelitian dalam 3 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi dan 4. Refleksi. Melalui tindakan kelas ini maka skripsi yang berjudul Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Sistem Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ( PAIKEM ) Pada Siswa Kelas VIII C SMP 2 Sukorejo Kendal Tahun Pelajaran 2010 / 2011  Diperoleh kesimpulan bahwa pada awal penelitian / pra siklus siswa yang tidak tuntas 37 % setelah dilakukan tindakan siklus I menurun menjadi 27,5 % dan seterlah siklus II prosentasenya menurun menjadi 10 %. Maka penelitian dikatakan berhasil. Saran â saran dari peneliti antara lain Guru dapat menggunakan model pembelajaran PAIKEM sebagai variasi dalam pembelajaran. Hal ini dapat menghindari rasa bosan pada siswa.Guru lebih kreatif dalam menggunakan model pembelajaran PAIKEM dalam pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.Kepada siswa disarankanSiswa lebih aktif dan berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat setelah mengetahui dan memahami model pembelajaran PAIKEM.Siswa lebih konsentrasi dan fokus pada waktu proses pembelajaran berlangsung dalam pelajaran IPS Terpadu kelas VIIIC SMP Negeri 2 Sukorejo. Kata Kunci : Kualitas, Pembelajaran IPS, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan
Copyrights © 2013