Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih adanya sejumlah siswa yang belum dapat mematuhi tata tertib sekolah.Tata tertib yang belum dipatuhi adalah datang ke sekolah tepat waktu, sehingga siswa ini terlambat masuk kelas. Siswa terlambat masuk kelas disebabkan oleh beberapa faktor yaitu : Terlambat Sengaja : tidak dapat bangun pagi, mandi pagi terlalu lama, berangkat sekolah dengan waktu yang mepet, saling menunggu teman/ menjemput teman. Terlambat Tidak Sengaja : hujan deras/ banjir, akan berangkat sekolah tiba â tiba sakit, periksa ke dokter terlebih dahulu, keperluan keluarga mendadak, kendaraan mogok di tengah jalan. Banyak lagi sebab â sebab siswa terlambat masuk kelas yaitu yang bersumber dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan.Dampak dari berbagai sebab siswa terlambat masuk kelas adalah adanya tingkah laku menyimpang yang menyalahi aturan/ tata tertib yang ada di sekolah baik tertulis maupun tidak tertulis. Disamping itu juga merugikan siswa, karena akan tertinggal pelajarannya dan ini akan berdampak pada perolehan nilai. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengatasi keterlambatan masuk kelas melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan media sosiodrama di SMA Kesatrian 2 Semarang hasil yang diharapkan untuk mengubah tingkah laku terlambat masuk kelas akan menjadi rajin dan tepat waktu. Subyek penelitian adalah siswa SMA Kesatrian 2 Semarang ajaran 2012 â 2013 sejumlah 6 orang.Penelitian dilakukan selama tiga bulan yaitu dari bulan Februari sampai April 2013.Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTKBK) ini hanya meneliti dan melaporkan masalah yang terkait dengan keterlambatan masuk kelas.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling (PTKBK).Metode penelitian komparatif menggunakan analisis deskriptif.Hasil analisis deskriptif menunjukkan keterlambatan masuk kelas dari kondisi awal, siklus I dan siklus II menunjukkan kearah yang lebih baik. Pendekatan layanan ini menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan media sosiodrama, subyek penelitian adalah siswa yang mempunyai maslah terlambat masuk kelas. Penelitian melakukan tindakan kelas dengan layanan bimbingan kelompok agar dapat menghadapi maslah yang muncul dan juga dapat mengembangkan budaya penelitian pada bidang tugasnya. Kata Kunci : Keterlambatan masuk kelas, bimbingan kelompok, media sosiodrama
Copyrights © 2013