Latar belakang masalah yang diteliti adalah (1) Masih ada siswa yang kurang menghargai guru. (2) Masih ada siswa yang kurang menghargai teman. (3) Masih ada siswa kurang sopan baik perkataan maupun perbuatan. (4) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Belum Optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendapatkan data empiris tentang etika pergaulan siswa di SMK Pancasila Purwodadi Tahun Pelajaran 2012/2013.(2) mendapatkan data tentang pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMK Pancasila Purwodadi Tahun Pelajaran 2012/2013. (3) Untuk membuktikan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan etika pergaulan siswa di SMK Pancasila Purwodadi Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode Penelitian ini dilakukan di SMK Pancasila Purwodadi tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun kelas yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas X TKR1 SMK Pancasila Purwodadi berjumlah 10 siswa. Alat pengumpul datanya yang digunakan adalah observasi dan angket. Analisis data pada penelitian ini adalah diskriptif komparatif, yaitu membandingkan kedisiplinan mengikuti pelajaran di kelas antara kondisi awal dengan siklus I, Siklus I dengan siklus II dan antara kondisi awal dengan siklus II. Hasil Penelitian (1) Pada kondisi awal etika pergaulan siswa pada sekolah dikategorikan sedang hanya 48,75% dalam pengamatan peneliti. Setelah diadakan layanan bimbingan   kelompok   pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan etika pergaulan siswa meningkat menjadi 74,25% dalam kategori baik pada siklus II, ini sudah melampaui target yang peneliti tetapkan sebesar 60%. Dengan demikian etika pergaulan siswa meningkat setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok. Adapun peningkatannya yaitu 74,25% - 48,75% = 25,50%. (2) Hasil pengamatan pada layanan bimbingan kelompok pada siklus I yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan kelompok sebesar 84% (sangat baik) sedangkan pada siklus II sebesar 92% (sangat baik). Dengan demikian mengalami peningkatan sebesar : 92% - 84% = 8%. (3) Hasil Pengamatan aktivitas siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok pada siklus I sebesar 65% ( baik), dan siklus II sebesar 84% (sangat baik). Jadi mengalami peningkatan 84%-65% = 19%. Kesimpulan (1) Layanan Bimbingan Kelompok dapat meningkatan etika pergaulan siswa terbukti kondisi awal 48,75% setelah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) siklus I dan pada siklus 2 meningkat menjadi 74,25% sehingga tingkat keberhasilan atau peningkatan etika pergaulan siswa lebih optimal (2) Hasil pengamatan pada layanan bimbingan kelompok pada siklus I yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan kelompok sebesar 84% (sangat baik) sedangkan pada siklus II sebesar 92% (sangat baik). (3) Hasil Pengamatan aktivitas siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok pada siklus I sebesar 65% ( baik), dan siklus II sebesar 84% (sangat baik). Saran yang dapat di sampaikan (1) Siswa diharapkan lebih meningkatkan etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari baik di keluarga, masyarakat maupun sekolah (2) Guru Pembimbing hendaknya lebih aktif, kreatif serta inovatif sehingga siswa lebih antusias dalam pelaksanaan Bimbingan Kelompok (BKp) (3) Sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang memadahi guna menunjang pelaksanaan bimbingan kelompok sehingga hasilnya dapat lebih optimal. Kata Kunci : Etika Pergaulan, Melalui Bimbingan Kelompok, Siswa SMK Pancasila
Copyrights © 2013