Jurnal Amal Pendidikan
Vol 2, No 3 (2021): Edisi Desember 2021

Rumus Matematika Yang Dianggap Sebagai Momok Bagi Peserta Didik

Nina Indriani (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Chelina Aurilia Purwanto (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Della Puspita Sari (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Inayatur Rofi'ah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas alasan mengapa rumus matematika menjadi momok bagi siswa serta cara agar rumus matematika tidak lagi menjadi hal yang menakutkan untuk siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitaatif dengan kajian pustaka. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa alasan siswa menganggap rumus matemtika sebagai momok atau hal yang menakutkan adalah karena adanya faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti konsentrasi belajar siswa dan faktor eksternal adalah guru sebagi pembimbing siswa dalam belajar. Anggapan rumus matematika sebagai momok ini pada akhirnya akan mendatangkan kecemasan matematika. Kecemasan matematika adalah sebuah rasa takut dan tertekan saat menyelesaikan permasalahan matematika. Kecemasan matematika ini tidak boleh dibiarkan karena akan mengakibatkan tidak pahamnya siswa terhadap materi yang diajarakan. Untuk mengatasi kecemasan matematika ini, guru perlu menerapakan metode belajar yang menyenagkan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode HARUMPALA, yaitu sebuah metode belajar rumus matematika dengan menggunakn lagu. Dengan bernyanyi siswa akan lebih mudah untuk menghafal rumus matematika, dan rumus tersebut akan mampu diingat siswa dalam jangka panjang.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...