Jurnal Amal Pendidikan
Vol 2, No 3 (2021): Edisi Desember 2021

Pembelajaran Satu Arah Menyebabkan Pembelajaran Matematika Tidak Bermakna

Nina Indriani (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Arum Nur Aisyah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Faza Nurinda Elok (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang disebabkan penerapan pembelajaran satu arah dalam pembelajaran matematika dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Untuk penelitian ini menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif dan studi literatur. Pembelajaran satu arah adalah proses pembelajaran di mana guru lebih berperan aktif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kelebihan pembelajaran satu arah adalah memudahkan guru dalam menguasai kelas, cocok digunakan dalam kelas dengan jumlah peserta didik yang besar, dan mudah diterapkan. Kekurangan pembelajaran satu arah adalah pembelajaran membosankan dan tidak menarik, materi mudah terlupakan, dan peserta didik menjadi pasif. Penerapan pembelajaran satu arah pada pelaksanaan pembelajaran matematika dilakukan dengan guru langsung menyampaikan materi pembelajaran dilanjutkan dengan peserta didik diberikan soal dan diminta mengerjakan sesuai dengan cara meniru contoh yang sudah dijelaskan. Permasalahan akibat penggunaan penggunaan pembelajaran satu arah dalam pembelajaran matematika seperti interaksi antara guru dan peserta didik sangat kurang, mengutamakan hafalan, dan pembelajaran menjadi tidak bermakna. Cara mengatasi permasalahan tersebut dengan guru mengubah perannya menjadi fasilitator dan membantu mengubah pandangan peserta didiknya bahwa matematika tidak susah tetapi menyenangkan dan menarik untuk dipelajari.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...