KES
Vol 1, No 1 (2013)

Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Nirwana, Moh. Mega ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2014

Abstract

Latar  belakang  penelitian  adalah  Individu  /  siswa  yang  belum  memiliki kesadaran diri dan gambaran hidup masa depan cenderung mudah terpengaruh oleh lingkungan  disekitarnya,  hal  ini  dapat  membuat  seseorang  memilih  aktivitas  yang kurang tepat untuk dirinya. Sehingga motivasi belajarnya rendah pula, karena mereka melakukan aktivitas yang dipilihnya atas pengaruh orang lain dan tidak dari dirinya sendiri. Keinginan untuk melakukan aktivitas belajar biasanya masih sangat kurang dimiliki oleh siswa. Maka menjadi tugas guru bimbingan dan konseling untuk menumbuhkembangkan motivasi belajar siswa melalui layanan penguasaan konten. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data empiris berkenaan dengan Tingkat layanan penguasaan konten pada siswa Kelas VIII MTs Abadiyah Gabus Pati Tahun Pelajaran 2011/2012, Motivasi  belajar siswa Kelas  VIII MTs Abadiyah Gabus Pati Tahun Pelajaran 2011/2012, Pengaruh antara layanan penguasaan konten terhadap motivasi  belajar  siswa  Kelas  VIII  MTs  Abadiyah  Gabus  Pati  Tahun  Pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs. Abadiyah Gabus Pati tahun pelajaran 2011/2012, terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 160. Sampel berjumlah 64 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Metode penelitian adalah metode angket sebagai instrument pokok, yang sebelumnya dilakukan uji coba angket pada 20 responden. Hasil uji validitas angket layanan penguasaan konten menggunakan rumus product moment terlihat pada tabel 10, sedang validitas angket motivasi belajar terlihat pada tabel 12. Jika dikonsultasikan dengan rtabel  untuk N=20 dan taraf signifikansi 5% sebesar 0,444, semua butir soal angket layanan penguasaan konten masuk dalam kategori valid kecuali nomor 3 dan 15, sedang soal-soal angket motivasi belajar semuanya valid kecuali nomor 9 dan 15. Hasil uji reliabilitas angket layanan penguasaan konten menggunakan rumus product moment dan rumus spearman brown menghasilkan rhitung=0,843, sedang angket motivasi belajar menghasilkan rhitung=0,798. Jika dikonsultasikan dengan rtabel untuk N=20 dan taraf signifikansi  5%  sebesar  0,444  maka  kedua  angket  masuk  dalam  kategori  reliabel. Penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif prosentase (DP), analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil analisis deskriptif prosentase menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten (X) dan motivasi belajar (Y) siswa kelas VIII MTs Abadiyah Gabus Pati tahun ajaran 2011/2012 secara umum berada pada kategori baik. Hasil korelasi antara layanan penguasaan konten (X) dan motivasi belajar (Y) menunjukkan hasil rxy = 0,252. Jika dikonsultasikan  dengan  rtable  pada taraf signifikan  5% dengan  N=64  sebesar 0,246, berarti rhitung > dari rtable. Sehingga hipotesis yang “Ada Pengaruh antara Layanan Penguasaan Kontan dengan motivasi Belajar Siswa”, diterima. Simpulan  adalah  bahwa  ada  pengaruh  antara  layanan  penguasaan  konten terhadap  motivasi  belajar  siswa  Di  Kelas  VIII  MTs  Abadiyah  Gabus  Pati  tahun pelajaran 2011/2012. Saran penulis adalah: Kepala sekolah diharapkan untuk selalu memberikan pengarahan dan kesempatan kepada para guru pada umumnya, dan khususnya kepada guru BK agar mereka dapat memberikan layanan penguasaan konten kepada siswa secara optimal dalam rangka lebih meningkatkan motivasi belajar siswa.. Guru BK diharapkan senantiasa memberikan bimbingan dan konseling kepada para siswa, khususnya dalam hal layanan penguasaan konten, sehingga mereka dapat lebih memahami arti penting dari motivasi belajar. Orang tua siswa diharapkan agar dapat memberikan bimbingan dan pengarahan, serta pengawasan terhadap perkembangan motivasi belajar anaknya dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan lingkungan masyarakat, sehingga anak dapat membangun kepribadian dan dapat menciptakan lingkungan yang kodusif. Kata Kunci : motivasi belajar, penguasaan konten, bimbingan dan konseling

Copyrights © 2013