Pembelajaran Matematika materi luas segitiga di SD Negeri 1 Ngadirejo belum mencapai standar kriteria ketuntasan minimal, artinya untuk mencapai pembelajaran tersebut perlu dilakuakn tindakan berupa strategi pembelajaran yang tepat seperti pemilihan metode ataupun alat peraga pembelajaran. Untuk itu, guru diharapkan mampu memilih metode ataupu alat peraga yang tepat digunakan dalam pembelajaran Matematika. Salah satu jenis metode yang tepat yakni metode demonstrasi dan pengggunaan alat peraga manipulatif luas bangunan persegi panjang. Tujuan dalam penelitian ini yakni meningkatkan hasil belajar luas segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana masing masing siklus terdiri atas empat langkah yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan disetiap siklusnya dilakukan selama tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I rata-rata 70,77 dengan ketuntasan 75%, dan siklus II rata-rata 77,77 dengan ketuntasan 91%.
Copyrights © 2021