Menurut Suyono dan Haryanto (2011) pembelajaran IPA memiliki fungsi yang fundamental dalam menimbulkan serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif, yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran materi dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa dan menemukan konsep – konsep dalam IPA melalui pengalaman langsung serta membandingkannya dengan kehidupan nyata. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI B SD Negeri Watukumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas VI B. Hal ini ditunjukkan dengan kenaikan nilai pada tiap siklusnya, yaitu pada kondisi awal rata – rata nilai siswa dan presentase siswa yang mencapai KKM hanya mencapai angka 50. Pada siklus I, nilai dan presentase mengalami pencapaian dengan naik ke angka 60, selanjutnya pada siklus II naik ke angka 70. Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus terakhir, serta diskusi dengan teman sejawat, dijumpai bahwa dengan menggunakan metode kontekstual dalam proses pembelajaran IPA, dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung dari lingkungannya sehingga mereka dapat membangun pengetahuan berdasarkan ide atau gagasan mereka.
Copyrights © 2021