Kompetensi guru di SMP Negeri 1 Konawe dalam mengelola pembelajaran masih rendah, hal ini didasarkan karena ada permasalahan seperti belum mahirnya guru dalam memilih model, metode, pendekatan, maupun media dengan baik didalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka guru perlu mendapatkan perlakuan atau tindakan supaya kompetensinya makin terasah, salah satunya dengan dilakukannya supervisi akademik. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dua siklus yang terdiri atas empat langkah yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari kegiatan supervisi akademik hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata observasi pada siklus I pertemuan pertama 70% dan pada pertemuan kedua 75%, kemudiaN meningkat pada siklus II pada pertemuan pertama 82% dan pertemuan kedua 88%.
Copyrights © 2021