Kemampuan guru dalam menysun soal berbasis e-tes di SMP Negeri 3 Galang masih rendah, salah satu faktor yang menonjol dari hal tersebut iyala karena berbasis elektronik. Untuk itu, kemampuan guru agar paham mengenai e-test tentunya perlu diperhatian, salah satu cara yang dapat dilakukan yakni melalui calon kepala sekolah atau kepala sekolah dalam bentuk pembinaan berupa workshop penilaian. Tujuan dalam penelitian ini yakni meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan proses penilaian secara objektif dan akuntabel, meningkatkan kompetensi kepribadian, meningkatnya kewirausahaan dan sosial calon kepala sekolah, dan meningkatkan prestasi siswa. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan selama dua siklus, dimana pada setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aspek monev pelaksanaan kegaiatan 14,2%, kompetensi calon kepala sekolah 13,25%, evaluasi hasil kegiatan 21,38%, peningkatan prestasi peserta IHT 19%, dan pencapaian student wellbeing 12,495.
Copyrights © 2021