Meningkatkan mutu seorang guru merupakan tugas penting yang dilakukan kepala sekolah, dengan meningkatnya mutu guru tentu akan berdampak pada kualitas lulusan yang dihasilkan. Berdasarkan kondisi di SDN Gondoriyo kemampuan guru dalam mengelola pembelejaran ataupun membuat perangkat pembelajaran masih belum maksimal. Melihat kondisi tersebut tentunya sangat perlu pembinaan yang diberikan kepala sekolah, diantaranya dalam bentuk pembinaan supervisi edukatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksankan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini iyalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang diperoleh dari siklus I dan II, hal ini dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I 71,37 yang meningkat pada siklus II dengan perolehan 89,95. Dar perolehan tersebut maka, peningkatan yang terjadi pada siklus I dan II sebesar 18,58%.
Copyrights © 2021