Kondisi awal guru SD Negeri 01 Pekuncen, baik minat maupun kemampuan menyusun RPP rendah. Terbukti dari hasil pengamatan dan evaluasi yang peneliti lakukan, dalam melaksanakan proses pembelajaran banyak guru yang tidak menggunakan RPP. Itu berarti mereka tidak menyusun rencana pembelajaran. Dari 8 orang guru, 2 orang tidak menyusun RPP, dengan alasan tidak bisa (25%), 4 orang tidak benar dalam menyusun RPP (50%), dan 2 orang kurang benar dalam menyusun RPP (25%). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat dan kemampuan menyusun RPP melalui pelaksanaan In House Training. Subyek penelitian ini adalah para guru SDN 01 Pekuncen yang berjumlah 8 orang guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, Teknik pengumpulan data melalui tes dan non tes, alat pengumpulan data berupa butir soal dan lembar pengamatan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan, kegiatan In House Training dapat meningkatkan minat dan kemampuan menyusun RPP pada guru SDN 01 Pekuncen Kecamatan Wiradesa semester genap tahun pelajaran 2018/2019.
Copyrights © 2021