Journal of Empowerment Community
Vol. 3 No. 2 (2021): September 2021

Efektifitas Media Pembelajaran IPS Berbasis Vlog Terhadap kemampuan literasi Budaya di Era New Normal

Hana Sakura Putu Arga (IKIP SILIWANGI)
Medita Ayu Wulandari Medita (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran IPS berbasis vlog terhadap kemampuan literasi budaya mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam pembelajaran online di era new normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa PGSD kelas regular semester 4. Sampel dipilih secara random sejumlah 96 orang mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata kemampuan literasi budaya mahasiswa sebesar 2.0992% yang masuk dalam kategori sedang. Data tersebut menggambarkan bahwa penggunaan media pembelajaran IPS berbasis vlog terbukti dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam pembelajaran online di era new normal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

a) Pelayanan pada masyarakat, b) Ketahanan Pangan Lokal; c) Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain; d) Pemberdayaan Masyarakat; e) Layanan Komunitas Mahasiswa; f) Wilayah Perbatasan dan Wilayah Kurang Dikembangkan; g) Pengembangan wilayah terpadu h) Pendidikan untuk Pembangunan ...