Penelitian ini dilaksanakan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran IPS berbasis vlog terhadap kemampuan literasi budaya mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam pembelajaran online di era new normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa PGSD kelas regular semester 4. Sampel dipilih secara random sejumlah 96 orang mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata kemampuan literasi budaya mahasiswa sebesar 2.0992% yang masuk dalam kategori sedang. Data tersebut menggambarkan bahwa penggunaan media pembelajaran IPS berbasis vlog terbukti dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam pembelajaran online di era new normal.
Copyrights © 2021