Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran picture and picture Kelas V SDN 39 Buton pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 39 Buton, dengan jumlah siswa 22 orang. Yakni untuk jumlah siswa laki-laki sebanyak 9 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 13 orang.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui lembar observasi dan data kuantitatif melalui tes evaluasi yang diadakan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh, pada siklus I terdapat 8 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 36,36% dan terdapat 14 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 63,63% dengan nilai rata-rata sebesar 66,36. Sedangkan pada siklus II terdapat 17 orang siswa yang tuntas atau telah mencapai nilai KKM 75 dengan persentase ketuntasan sebesar 77,27% dan terdapat 5 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 22,72%, dengan nilai rata-rata sebesar 81,13.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 di kelas V SDN 39 Buton.Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture And Picture; Hasil Belajar Siswa
Copyrights © 2021