Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, penyebab rendahnya hasil belajar siswa salah satunya kurang efektifnya cara guru yang lebih dominan menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru dan buku saja, sehingga proses pembelajaran kurang aktif dan cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas V SD Negeri 3 Tiworo Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Tiworo Tengah yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Prosedur penelitian yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat persentase ketuntasan sebesar 55% dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I yaitu 65,87 dan pada siklus II  persentase ketuntasan meningkat menjadi 85% dengan  nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 81. Berdasarkan data tersebut, dapat simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan kelas V SD Negeri 3 Tiworo Tengah, setelah melihat hasil penelitian diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menjadi lebih baik lagi kedepannya sehingga meningkatkan aktivitas dan kualitas pembelajaran di masa mendatang.Kata Kunci: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021