Health Care : Jurnal Kesehatan
Vol 10 No 2 (2021): Health Care : Jurnal Kesehatan

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Focus Group Discussion Terhadap Pengetahuan Siswi Tentang Persiapan dalam Menghadapi Menarche

Dwi Elka Fitri (Unknown)
Epi Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Menarche adalah menstruasi pertama kali yang terjadi pada masa awal remaja, hal tersebut terjadi sebagai bukti tanda menuju kedewasaan. Kesiapan mental yang baik dibutuhkan oleh anak yang akan mengalami menarche. Kurangnya pendidikan menstruasi dapat menyebabkan masalah kesehatan reporduksi dalam jangka panjang ketika mengalami menstruasi, juga memancing pertumbuhan kuman jika kebersihan menstruasi tidak terjaga, serta resiko kesehatan seperti infeksi dan sistitis. Sehingga Strategi yang perlu dilakukan adalah pemberian edukasi tentang menarche. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode focus group discussion terhadap pengetahuan siswi tentang persiapan dalam menghadapi menarche. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 53 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre eksperimen design berupa rancangan “pretest-posttest with one gruop design” Berdasarkan hasil uji wilcoxon signed rank test terdapat perbedaan signifikan pengetahuan siswi tentang menarche antara sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode FGD dengan nilai p value pengetahuan = 0,000 lebih kecil dari nilai alpha (p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa FGD berpengaruh terhadap pengetahuan siswi tentang persiapan dalam menghadapi menarche. Kata Kunci :

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

healthcare

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Health Care: Jurnal Kesehatan covers all health area including nursing, midwifery and public health and accepts original article, case report and article review. Articles submitted to the journal will be screened by the editor and decide whether the article will be sent to the reviewer or not. The ...