Pengawasan kepala sekolah merupakan fungsi manajemen kepemimpinan, dan pengawasan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalam penelitian ini, peneliti berharap dapat melihat proses supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan disiplin mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan guru, untuk mengetahui bagaimana proses melaksanakan supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan mengajar, serta menemukan kendala dan solusi utama untuk meningkatkan kedisiplinan mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, tiga orang guru dan dua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut hubermen dilakukan dengan cara reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, sebagian besar guru menerapkan disiplin sesuai dengan peraturan sekolah yang berlaku; kedua, dalam pelaksanaan supervisi, kepala sekolah beserta dosen dan staf telah membentuk lingkungan yang hangat, dekat dan terbuka, sehingga pelaksanaan supervisi berjalan efektif dan efektif. disiplin, yaitu kekhawatiran kepala sekolah terhadap guru tidak dapat menerima rencana perbaikan dan perbaikan yang akan diajukan kepala sekolah.
Copyrights © 2022