Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal pada buku pendamping matematika kelas VIII semester 2 terbitan Viva Pakarindo berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal pada buku pendamping matematika kelas VIII semester 2 terbitan Viva Pakarindo bab lingkaran dan bangun ruang sisi datar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar analisis dan lembar kesesuaian tingkat kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal pada materi lingkaran memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 5,55 %, mengaplikasikan (C3) sebanyak 85,19 %, menganalisis (C4) sebanyak 9,26 %, serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), mencipta (C6), dan terdapat 3 butir soal salah. Sedangkan pada materi bangun ruang sisi datar memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 1,75 %, mengaplikasikan (C3) sebanyak 82,46 %, menganalisis (C4) sebanyak 15,76 %, serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), mencipta (C6). Berdasarkan hasil analisis, sebaran tingkat kognitif soal materi lingkaran dan bangun ruang sisi datar belum bervariasi atau belum proporsional.
Copyrights © 2021