Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan Kesebangunan dan Kekongruenan pada buku mandiri matematika SMP/MTS kelas IX kurikulum 2013 Terbitan Erlangga berdasarkan taksonomi bloom revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal latihan materi Kesebangunan dan Kekongruenan pada buku mandiri matematika SMP/MTS kelas IX kurikulum 2013 Terbitan Erlangga. Soal-soal latihan yang dianalisis berjumlah 75 pertanyaan. Pada soal latihan Pilihan Ganda dan Essai pada materi Kesebangunan dan Kekongruenan ini telah memuat tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 13 pertanyaan (17,33%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 62 pertanyaan (82,67%), dengan tingkat kognitif yang mendominasi ialah tingkat kognitif mengaplikasikan (C3), namun tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal latihan materi Kesebangunan dan Kekongruenan tersebut belum bervariasi atau belum proporsional.
Copyrights © 2022