Kesetiaan pada sebuah merek timbul karena konsumen merasa merek tersebut memberikan manfaat dan kualitas dengan harga yang sesuai, apabila pasien puas terkait brand awareness dan brand loyalty maka akan memperluas pangsa pasar dan akan mempengaruhi rasa percaya pelangan terhadap merek dari rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk menganalisis pengaruh brand awareness dan brand loyality terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Jenis penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Populasi penelitian sebanyak 4390 orang dan sampel sebanyak 151 orang yang diambil dengan teknik accidental Sampling. Analisis data menggunakan chi square. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh variabel brand awareness terhadap kepuasan pasien di rumah sakit Ibnu Sina Makassar hal ini berdasarkan hasil penelitian uji chi squere yang diperoleh nilai p value 0,319 (˃0,05). terdapaat pengaruh positif variabel brand loyalty terhadap kepuasan pasien di rumah sakit ibnu sina Makassar dengan hasil penelitian uji chi squere yang diperoleh nilai p value 0,002 (˂0,05). Kata Kunci: Brand Awreness; Brand Loyalty; Kepuasan Pasien
Copyrights © 2021