Masalah dalam penelitian ini adalah Motivasi (metode ceramah, metode dengan tugas presentasi kelompok, perhatian mahasiswa pada keseluruhan jalannya perkuliahan) dan rata-rata hasil belajar mahasiswa semester VI kelas A dan kelas B dalam Mata Kuliah MPKRS rendah rata-rata 54,2 dan 56,8. Tujuan dari penelitian ini antara lain mengidentifikasi motivasi hasil belajar, penilaian dosen dan mahasiswa sebagai observer saat pelaksanaan role playing; penilaian tentang keunggulan dan kelemahan role playing, tingkat pemahaman mahasiswa terhadap tupoksi kabid dan kasi di bidang yanmed dan keperawatan serta bidang jangmed; menyusun rekomendasi role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau class room action research (CAR) dengan rancangan penelitian praeksperimen yaitu dengan perlakuan Metode Role Playing menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan motivasi dalam role playing kelas A dan kelas B hasilnya meningkat, rata-rata hasil UAS untuk kelas A dan B meningkat, penilaian observer terhadap penampilan role playing kelompok mata kuliah MPKRS semester VI kelas A dan kelas B rata-rata hasilnya tiap-tiap langkah belajar role playing cukup dan baik. Keunggulan dan kelemahan metode belajar role playing untuk kelas A dan B adalah tidak sama namun saling melengkapi antara masing-masing butir pertanyaan pada keunggulan maupun kelemahan.Kata Kunci: Role playing; Motivasi; Hasil Belajar; Role play; Motivation; Learning outcomes
Copyrights © 2021