Pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan yang sangat sederhana dan cepat merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pelayanan kepada pasien yang akan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Salah satu strategi rumah sakit dalam meningkatkan mutu pada era digital adalah dengan mengimplementasikan sistem pendaftaran online. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pendaftaran online pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien di rumah sakit nur hidayah bantul tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method dengan desain penelitian sequential exploratory. Populasi penelitian ini adalah petugas pedaftaran dengan total sampel berjumlah 3 informan dan seluruh pasien yang mendaftar secara online di rumah sakit Nur Hidayah Bantul dengan total sampel 108 responden. Hasil penelitian mayoritas responden berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 67 (62%) responden. Sedangkan pada karakteristik usia menunjukkan bahwa sebagian besar berusia 26-45 tahun yaitu sebanyak 50 (46,3%) responden, dan mayoritas memiliki pendidikaan terakhir SMA/SMK yaitu sebanyak 53 (49,1%) responden. Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul telah mengimplementasikan pendaftaran online pasien rawat jalan sesuai dengan prosedur yang ada di standar operasional prosedur (SOP). Sebagian besar responden menilai implementasi pendaftaran online dengan kategori cukup puas sebanyak 50 (46,3%) responden, puas sebanyak 39 (36,1%) responden, dan kurang puas sebanyak 19 (17,6%) responden. Kesimpulan adanya pengaruh tidak signifikan antara implementasi pendaftaran online pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul tahun 2021 karena tidak diuji menggunakan uji statistik hanya berdasarkan analisis peneliti. Kata kunci: Implementasi Pendaftaran Online;Kepuasan Pasien; Implementation of Online Registration; Patient Satisfaction
Copyrights © 2021