Indonesian Journal of Hospital Administration
Vol 4, No 2 (2021)

Implementasi Pendaftaran online Pasien Rawat Jalan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul

Yuni Tami (Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata Yogyakarta, Indonesia)
Sumarni Sumarni (Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata Yogyakarta, Indonesia)
Raden Jaka Sarwadhamana (Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan yang sangat sederhana dan cepat merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pelayanan kepada pasien yang akan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Salah satu strategi rumah sakit dalam meningkatkan mutu pada era digital adalah dengan mengimplementasikan sistem pendaftaran online. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pendaftaran online pasien rawat jalan terhadap kepuasan  pasien  di  rumah  sakit  nur  hidayah  bantul  tahun  2021.  Penelitian  ini menggunakan metode penelitian mixed method dengan desain penelitian sequential exploratory. Populasi penelitian ini adalah petugas pedaftaran dengan total sampel berjumlah 3 informan dan seluruh pasien yang mendaftar secara online di rumah sakit Nur Hidayah Bantul dengan total sampel 108 responden. Hasil penelitian mayoritas responden berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 67 (62%) responden. Sedangkan pada karakteristik usia menunjukkan bahwa sebagian besar berusia 26-45 tahun yaitu sebanyak   50   (46,3%)   responden,   dan   mayoritas   memiliki   pendidikaan   terakhir SMA/SMK yaitu sebanyak 53 (49,1%) responden. Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul telah mengimplementasikan pendaftaran online pasien rawat jalan sesuai dengan prosedur yang ada di standar operasional prosedur (SOP). Sebagian besar responden menilai implementasi pendaftaran online dengan kategori cukup puas sebanyak 50 (46,3%) responden, puas sebanyak 39 (36,1%) responden, dan kurang puas sebanyak 19 (17,6%) responden. Kesimpulan adanya pengaruh tidak signifikan antara implementasi pendaftaran online pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah  Bantul  tahun  2021  karena  tidak  diuji  menggunakan  uji  statistik  hanya berdasarkan analisis peneliti. Kata kunci: Implementasi Pendaftaran Online;Kepuasan Pasien; Implementation of Online Registration; Patient Satisfaction

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJHAA

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Indonesian Journal of Hospital Administration (IJHAA) is the journal which will publish scientific article about research in health and hospital management. The focus of this journal is in Occupational Health and safety, Financial Management, Health Regulation and Policy, Human Resources Management, ...