Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pendampingan dan permasalahan yang dihadapi orang tua terkait pembelajaran anak pada masa pandemi Covid-19 di SDIT Luqman al-Hakim 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologis orang tua sebagai subjek penelitian. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian adalah 55 orang tua siswa kelas 3 SDIT Luqman al-Hakim 2 Yogyakarta. Analisis data menggunakan model interaktif dengan antisipasi dalam pengumpulan data, yang kemudian direduksi, disajikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pendampingan belajar orang tua selama pandemi Covid-19 meliputi kemampuan orang tua dalam menyampaikan situasi Covid-19, kemampuan orang tua mendengarkan, kemampuan menerima perasaan/keluhan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Kendala yang dihadapi orang tua antara lain (1) aspek penyediaan fasilitas belajar, (2) pengawasan waktu belajar, (3) pengawasan dalam belajar, (4) pendampingan kesulitan belajar dan (5) pendampingan dalam mengatasi kesulitan belajar.
Copyrights © 2021