Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini


PENDAMPINGAN ORANGTUA TERHADAP BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Sudarajat Sudrajat (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Sun Agustine Prolawati Dwipoyono (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Gunungjati Cirebon)
Rubini Rubini (Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta)
Toriqul Chaer (Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pendampingan dan permasalahan yang dihadapi orang tua terkait pembelajaran anak pada masa pandemi Covid-19 di SDIT Luqman al-Hakim 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologis orang tua sebagai subjek penelitian. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian adalah 55 orang tua siswa kelas 3 SDIT Luqman al-Hakim 2 Yogyakarta. Analisis data menggunakan model interaktif dengan antisipasi dalam pengumpulan data, yang kemudian direduksi, disajikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pendampingan belajar orang tua selama pandemi Covid-19 meliputi kemampuan orang tua dalam menyampaikan situasi Covid-19, kemampuan orang tua mendengarkan, kemampuan menerima perasaan/keluhan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Kendala yang dihadapi orang tua antara lain (1) aspek penyediaan fasilitas belajar, (2) pengawasan waktu belajar, (3) pengawasan dalam belajar, (4) pendampingan kesulitan belajar dan (5) pendampingan dalam mengatasi kesulitan belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

preschool

Publisher

Subject

Religion Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini published twice a year since October 2019. This journal is published by the Department of Early Childhood Studies, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as ...