As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
Vol 4 No 2 (2021): As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar

Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa

Nuril Maghfiroh (MI Al Huda)
Mahmud Nasir (STAINU Purworejo)
Siti Anisatun Nafi’ah (STAINU Purworejo)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2022

Abstract

Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa di MI Al Huda Bleber Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui (1) bagaimana jenis bullying yang terjadi di MI Al Huda (2) bagaimana dampak yang ditimbulkan dari bullying terhadap motivasi belajar siswa MI Al Huda (3) untuk mengetahui kontribusi apa saja yang sudah dilakukan oleh sekolah dalam menangani bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana penelitian ini mengharuskan peneliti untuk terjun langsung kelapangan guna memperoleh data yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah tindakan bullying yang sering terjadi di MI Al Huda adalah bullying fisik, bullying verbal dan bullying mental serta adanya dampak yang ditimbulkan oleh perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kata Kunci : Perilaku bullying, Dampak bullying, Motivasi belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

As_Sibyan

Publisher

Subject

Education

Description

As Sibyan is published by PGMI STAINU Purworejo twice a year in July and December. The focus and scope for the paper are Primary School Curriculum Design, Learning Material (Math, Social Studies, Science, Civic Education, Bahasa, Islamic Education (Aqidah, SKI, Fiqh, Al-Qur’an, Hadist, Arab ...