PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan
Vol 16, No 1 (2021): Jurnal PKn Progresif Volume 16 Nomor 1 Juni 2021

PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI OTONOMI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Yaya Kosamunjaya (SMPN 2 Rengasdengklok)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2021

Abstract

Penelitian  tentang    Penerapan  Metode  Pembelajaran  Two  Stay  Two  Stray  untuk  Meningkatkan  Aktivitas  Belajar  Siswa pada Pembelajaran  Pendidikan Kewarganegaraan  Kelas  IX E SMPN 2 Rengasdengklok    bertujuan    untuk    memperoleh informasi  tentang  peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  setelah  mengikuti pembelajaran    dengan    Metode    tipe    two    stay    two    dalam pembelajaran   PKn   kelas   IXE SMPN 2 Rengasdengklok.  Metode  yang  digunakan  adalah  metode  deskriptif.  Bentuk penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Hasil  belajar  siswa pada  Siklus  I adalah  53,58  sedangkan  pada  siklus  II sebesar  76,41.  Rata- rata aktivitas belajar siswa pada siklus I 28,96% dan pada siklus II sebesar 61,14%,  terjadi  peningkatan  sebesar  32,18%.  Maka  dapat  disimpulkan penerapan   pembelajaran   metode two  stay   two   stray    dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IXE SMPN 2 Rengasdengklok.Kata Kunci: Metode Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Pembelajaran PKn 

Copyrights © 2021