Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021

Lestari tari (Universitas Negeri Medan)
Inayah Hanum (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 243 siswa dari jumlah keseluruhan kelas X di SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Maka sampel yang dapat diambil berjumlah 25% dari jumlah siswa kelas X yaitu 60 siswa dari jumlah populasi dalam penelitian ini pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan yaitu pada kelas X-MIA1 dan X-MIA2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes pilihan berganda dan essay. Kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa dapat dikategorikan cukup, kemampuan menulis teks negosiasi siswa dapat dikategorikan cukup baik dan hubungan kemampuan berpikir logis siswa dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa di peroleh 3,634 pada hasil uji t maka dapat di simpulkan bahwa adanya hubungan antara kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...