Media Akademika
Vol 27, No 4 (2012)

Dakwah Melalui Media Siber: Analisis Pesan Dakwah dalam Website Dakwatuna.com

Mursyidah, Dian ( Fakultas Ushuluddin IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Salim, Agus ( Fakultas Ushuluddin IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2014

Abstract

Penelitian ini menilik fenomena dakwah kontemporer yang mengisyaratkan tuntutan terhadap kemampuan para dai untuk mampu menentukan posisi gebrakan dakwah baru dalam kegiatan dakwah. Kehadiran media massa internet telah membuka cakrawala ummat Islam untuk turut andil dalam operasionalisasi dakwah di balik berbagai wacana dengan menggunakan senjata kata-kata untuk membius ummat manusia dengan berlandaskan asas-asas dakwah yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan khaira ummah di tengah gejala dunia global syndrom saat ini. Termasuk di dalamnya website dakwatuna.com yang berusaha menampilkan wajah dakwah dalam bentuk kekinian. Dengan menggunakan jasa internet, website ini muncul dengan menawarkan berbagai tema/topic sesuai kebutuhan ummat. Hasil penelitian melalui analisis teks menunjukkan bahwa kemampuan dakwatuna.com menyajikan dakwah dengan menggunakan teks berupa artikel-artikel, telah membentuk beberapa karakteristik wacana tersendiri sesuai dengan kaidah yang dijumpai dalam kegiatan jurnalistik. Dimana teks yang terbentuk menjadi sebuah wacana memiliki makna tertentu sesuai tema dengan tidak meninggalkan unsur-unsur yang harus dimiliki dalam sebuah layaknya tulisan jurnalistik yang patut dimuat di media massa. Analisis wacana yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan dakwah yang memanfaatkan media massa internet ini memberikan karakteristik pesan media yang kuat demikian pula dengan pembentukan peran dakwah yang dapat disimpulkan melalui wacana yang terdapat dalam website ini telah dapat mengundang para mad’u (ummat manusia) untuk mengakses/mengunjungi website ini dengan jumlah yang tidak sedikit.

Copyrights © 2012