ennichi
Vol. 2 No. 1 (2021): Ennichi

PENGARUH METODE PEER RESPONSE TERHADAP KEMAMPUAN MENGARANG MAHASISWA PADA MATA KULIAH SHOKYUU SAKUBUN

Siti Nur Isnaini (Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA)
Rahayu Aprilianti (Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh Metode Peer Response terhadap Kemampuan Mengarang mahasiswa pada Mata Kuliah Shokyuu Sakubun. Latar belakang penelitian adalah kemampuan mengarang mahasiswa pada tingkat dua semester 3 di STBA JIA Bekasi yang masih rendah. Kemampuan mengarang mahasiswa masih rendah, dilihat dari isi, struktur karangan serta penggunaan kosakata serta tata bahasa. Metode penelitian ini adalah metode campuran yaitu kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian ini dengan menggunakan aplikasi zoom karena dalam masa pandemik, sehingga dilaksanakan secara daring. Dengan menggunakan teori Tateoka dan Ikeda tentang Peer Response, didapatkan hasil bahwa ada peningkatan rata-rata kemampuan mengarang siswa pada naiyou, kousei dan nihongo. Penelitian ini adalah bahwa metode ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengarang dengan diskusi dengan teman sebaya sebelum dan selama membuat karangan. Siklus penelitian dilaksanakan tiga kali dengan hasil perubahan nilai rata-rata yang lebih baik. Nilai pretest dan posttest terdapat perbedaan signifikan yaitu 68,45 dan nilai akhir rata-rata 84. Kata kunci : Peer Response, Mengarang, Sakubun

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ennichi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Ennichi adalah jurnal yang berisi pembahasan-pembahasan sebagai hasil penelitian dengan topik-topik mengenai bahasa asing serta pembelajarannya. Selain itu dapat juga mengenai masyarakat dan kebudayaan yang melatarbelakangi bahasa asing tersebut. Secara rinci fokus dan cakupannya adalah sebagai ...