Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV D dari Al-Hikmah Surabaya sebagai kelas kontrol dan Kelas IV F Al-Hikmah Surabaya sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada semester kedua di tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Hasil penelitian penjukkan bahwa: Tidak ada perbedaan keterampilan kolaboratif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pre-test. Ini dapat dirujuk dengan skor (0.699) ˂ (1,686). Sedangkan kemampuan berkolaborasi dalam post-test, ada perbedaan dengan kelas kontrol. Ini dapat dirujuk dengan dari skor (6.747) ˃ (1,686). Dengan demikian, ada efek menggunakan pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan kolaboratif siswa. Kemudian, pengujian hipotesis kedua mengacu pada keterampilan berpikir kreatif siswa pada post-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dengan kelas kontrol. Itu dapat dirujuk dengan skor (0,086) ˂ (1.686. Sedangkan hasil dari keterampilan berpikir kreatif siswa dalam post-test, ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dilihat dari (17.556) ˃ (1,686). Dengan demikian, ada efek menggunakan pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kolaboratif dan kreatif siswa.
Copyrights © 2022