Media Akademika
Vol 28, No 4 (2013)

Membangun Otoritas Keilmuan: Analisis Distribusi Tugas Dosen ditinjau dari Perspektif Manajemen Pendidikan pada Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi

Luts, M. Natsir ( IAIN STS Jambi)
Yusria, Yusria ( IAIN STS Jambi)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2014

Abstract

Peneltian ini membahas tentang analisis pendistribusian tugas dosen ditinjau dari perspektif manajemen pendidikan pada fakultas tarbiyah IAIN STS Jambi. Dosen adalah tenaga pendidik yang berada pada perguruan tinggi. Tugas pokok seorang dosen adalah melaksanakan tri dharma perguruan yaitu melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Terkait dengan bidang keilmuan/keahlian dosen merupakan masalah krusial. Otoritas keilmuan dan kewenangan akademik merupakan dua hal yang sangat esensial dalam kehidupan perguruan tinggi. Sementara tuntutan menjadi professional untuk profesi dosen adalah suatu keniscayaan. Menjadi professional berarti menjadi ahli dalam bidangnya, seorang yang ahli tentu berkualitas, menjadi berkualitas bukanhanya masalah ahli, tetapi menyangkut integritas dan personalitas. Dalam perspektif manajemen pendidkan terkait pengembangan sumber daya manusia, menjadi professional adalah satu kesatuan konsep personality dan integritas yang dipadupadankan dengan skill yaitu keahlian. Adalah menjadi suatu keharusan dan tanggungjawab seorang dosen untuk memiliki otoritas atas keilmuan yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan disain penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah seluruh dosen fakultas tarbiyah IAIN STS Jambi, tehnik yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling.

Copyrights © 2013