Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdapat materi zakat yang menuntut siswa memahami konsep matematis, karena siswa harus mampu menentukan kadar zakat dengan nominal jutaan. Konsep matematis harus dipahami secara mudah dan efektif dalam pembelajaran. Pengembangan media Wheelsmatik dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi zakat, agar terjadi penguatan konsep matematis dan peningkatan hasil belajar siswa khususnya di Sekolah Dasar Negeri 1 Jatisari, Sambi, Boyolali. Inovasi ini dikembangkan dengan menerapkan metode Research and Development. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase hasil belajar siswa meningkat. Sebelum penggunaan media Wheelsmatik, rata-rata hasil belajar siswa 75.38 dan masih terdapat 6 siswa belum tuntas. Setelah menggunakan media Wheelsmatik rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 83.07 dan hanya 3 siswa belum tuntas pada percobaan pertama. Pada percobaaan kedua, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 86.15 dan semua siswa sudah tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis materi zakat dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2021