Tuntutan akan kualitas di bidang pendidikan saat ini sudah merupakan suatu keharusan yang dimiliki oleh seorang guru, karena tugas guru merupakan suatu profesi yang menuntut keahlian di bidangnya. Oleh karena itu guru yang mengajar di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini mulai dari Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, dan Taman Kanak-Kanak harus memenuhi standar kompetensi yang telah ditetapkan dan kualifikasi akademik yang harus dimiliki oleh guru, sehingga guru mampu memberdayakan diri sebagai tenaga professional sesuai dengan ketentuan yang ada. Pendidikan yang diberikan sejak usia dini merupakan moment yang sangat penting; karena usia dini adalah golden age yang harus mendapat rangsangan dan stimulus yang tepat sesuai dengan usianya. Dimana pendidikan usia dini adalah sebagai peletak pondasi awal dalam membentuk karakter/kepribadian. Apabila sejak dini anak mendapatkan pendidikan dan pengasuhan âsalah asuh dan salah didikâ, maka akan dipertanyakan bagaimana kualitas bangsa ini ke depannya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan disain kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru/pengasuh yang mengajar dan mengasuh pada TPA, KB dan TK di PAUD Jambi, dengan menggunakan tehnik porpusve dan snowball sampling.
Copyrights © 2012