Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2013): Pasundan Journal of Mathematics Education

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Type Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Hasanah, Nana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapat Pembelajaran Kooperatif Type TGT (Teams Games Tournament) dan peserta didik yang mendapat pembelajaran konvensional.Selain itu untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen, dengan desain quasi eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes pemecahan masalah matematis dan angket sikap. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji perbedaan dua rata-rata. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji angket sikap skala likert yaitu dengan membandingkan rata-rata skor subjek dengan nilai netral. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapat pembelajaran kooperatif type TGT (Teams Games Tournament) lebih tinggi dari pada peserta didik yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Sikap peserta didik menunjukan sikap positif terhadap pembelajaran matematika.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

pjme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME) merupakan jurnal pendidikan matematika yang dikelola oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan dan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Jurnal ini menerbitkan penelitian asli atau makalah teoretis tentang pengajaran ...