Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapat Pembelajaran Kooperatif Type TGT (Teams Games Tournament) dan peserta didik yang mendapat pembelajaran konvensional.Selain itu untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen, dengan desain quasi eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes pemecahan masalah matematis dan angket sikap. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji perbedaan dua rata-rata. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji angket sikap skala likert yaitu dengan membandingkan rata-rata skor subjek dengan nilai netral. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapat pembelajaran kooperatif type TGT (Teams Games Tournament) lebih tinggi dari pada peserta didik yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Sikap peserta didik menunjukan sikap positif terhadap pembelajaran matematika.
Copyrights © 2013