Pelajaran permainan bolavoli diminati oleh sebagian banyak siswa karena sifatnya adalah bermain dan berkompetisi. Namun kenyataan di lapangan masih banyak kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran permainan bolavoli. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk solusi permasalahan tersebut adalah metode kerja kelompok. Metode kerja kelompok pada pendidikan jasmani merupakan suatu langkah penyajian pelajaran dengan cara siswa mengerjakan tugas dalam situasi kelompok di bawah bimbingan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dari penerapan metode kerja kelompok pada pembelajaran passing bawah permainan bolavoli siswa. Penelitian ini berpendekatan deskriptif kuantitatif dan berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri Balung Kabupaten Jember sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada siklus 1 siswa yang mendapat nilai B = 0%, nilai C = 51% dan nilai D = 49%. Pada siklus 2 terdapat peningkatan nilai B = 5%, nilai C = 60% dan nilai D = 5%. Sedangkan pada siklus yang keempat nilai D : 0%, nilai C = 5%. Hasil tersebut menunjukkan jika penerapan metode kerja kelompok efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi belajar passing bawah permainan bolavoli siswa kelas X SMA Negeri Balung Kabupaten Jember.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021