Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2021): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP

Ela Puspita Sari (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Mardiah Syofiana (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan LKS dan menghasilkan LKS berbasis POE (Predict, Observe, Explain) yang valid dan praktis agar dapat memfasilitasi siswa SMP dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development and research) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang telah dimodifikasi oleh peneliti menjadi empat tahap. Tahap-tahap pengembangan ini yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (Development) dan tahap implementasi (Implementation). Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa SMP Kelas VIII SMPN 23 Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2020/2021. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diperoleh produk akhir yaitu LKS berbasis POE (Predict Observe Explain) pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memenuhi standar sangat valid dan praktis, sehingga LKS tersebut dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...