Journal of Educational Review and Research
Vol 4, No 2 (2021): VOLUME 4 NUMBER 2 DECEMBER 2021

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

Nursiah Nursiah (SMK Negeri 3 Singkawang)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran (metode inkuiri dan metode ekspositori)  dan tingkat percaya diri terhadap keterampilan berbicara Inggris siswa kelas I SMK Negeri 3 Singkawang.Metode penelitian yang digunakan adalah metode  eksperimen menggunakan desain faktorial 2 x 2. Pengukuran variabel keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan tes lisan dan   tingkat percaya diri menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan Uji Tukey untuk melihat interaksi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, keterampilan berbicara bahasa inggris kelompok siswa yang belajar dengan metode Inkuiri lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode ekspositori. Kedua, keterampilan berbicara bahasa inggris pada kelompok siswa yang memiliki tingkat percaya diri tinggi yang belajar dengan metode Inkuiri lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode ekspositori. Ketiga, keterampilan berbicara bahasa Inggris pada kelompok siswa yang memiliki tingkat percaya diri rendah yang belajar dengan metode ekspositori lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode inkuiri. Keempat, terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran (Metode inkuiri dan metode ekspositori) dan tingkat percaya diri terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...