Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran (metode inkuiri dan metode ekspositori) dan tingkat percaya diri terhadap keterampilan berbicara Inggris siswa kelas I SMK Negeri 3 Singkawang.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2 x 2. Pengukuran variabel keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan tes lisan dan tingkat percaya diri menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan Uji Tukey untuk melihat interaksi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, keterampilan berbicara bahasa inggris kelompok siswa yang belajar dengan metode Inkuiri lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode ekspositori. Kedua, keterampilan berbicara bahasa inggris pada kelompok siswa yang memiliki tingkat percaya diri tinggi yang belajar dengan metode Inkuiri lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode ekspositori. Ketiga, keterampilan berbicara bahasa Inggris pada kelompok siswa yang memiliki tingkat percaya diri rendah yang belajar dengan metode ekspositori lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode inkuiri. Keempat, terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran (Metode inkuiri dan metode ekspositori) dan tingkat percaya diri terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris.
Copyrights © 2021