Journal of Educational Review and Research
Vol 4, No 2 (2021): VOLUME 4 NUMBER 2 DECEMBER 2021

PENINGKATAN KEBERANIAN DENGAN STRATEGI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Marlinda Fitriyani (STMIK Widya Pratama)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

Keberanian belajar matematika terdapat beberapa indikator. Indikator-indikator tersebut antara lain : a) mau mencoba hal-hal yang baru, b) mau mengemukakan pendapat, c) mampu mengendalikan rasa takut, d) mau menghadapi tantangan. Keberanian merupakan kemampuan mengendalikan situasi untuk bertanya dan menjawab, sehingga meraih hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan keberanian matematika bagi siswa SMP Negeri 3 Colomadu kelas IX F semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi pembelajaran Team Assisted Individualization. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes pada kondisi awal, siklus I dan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keberanian siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa mampu mencoba hal-hal baru sebelum tindakan 16,21%, siklus I 45,16%, dan siklus II 67,74%, 2) siswa mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan 22,58%, siklus I 51,61%, dan siklus II 77,41%, 3) siswa mampu mengendalikan rasa takut sebelum tindakan 19,35%, siklus I 58,06%, dan siklus II 74,19% 4) siswa mampu menghadapi tantangan dengan menjawab soal sebelum tindakan 22,58%, siklus I 54,83%, dan siklus II 80,64% dan siswa yang nilainya tuntas KKM sebelum tindakan 19,35%, siklus I 61,29%, dan siklus II 83,87%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Team Assisted Individualization dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keberanian siswa dalam pembelajaran matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...