Fokus dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi himpunan pada kemampuan pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk melihat bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep pada materi himpunan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif atau deskriptif. Kualitatif adalah suatu metode yang difokuskan pada pengamatan secara mendalam sehingga menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih luas dan teliti. Selain itu instrument penelitian yang digunakan adalah berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep pada materi himpunan sudah dapat dikatakan baik terutama dalam menyelesaikan soal yang menyatakan ulang konsep. Selebihnya juga sudah cukup baik untuk ketiga indikator, hanya ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami permasalahan disoal dan kurang ketelitian dalam pengerjaannya disebabkan kurang pemahaman pada konsep.
Copyrights © 2021