EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630

Penerapan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dengan Model Pembelajaran Cooperative Script

Marsel Nande (Universitas Flores, Indonesia)
Yosef Moan Banda (Universitas Flores, Indonesia)
Yoventa Mbaru (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Mata pelajaran Ekonomi sangat penting bagi para siswa SMA, namun kenyataannya banyak siswa yang tidak termotivasi untuk belajar yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bartujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dengan menerapkan pembelajaran cooperative script. Jenis Penelitian adalah PTK dengan menerapkan model pembelajaran coopertive script  terhadap hasil belajar peserta didik  pada mata pelajaran ekonomi materi ajar perilaku konsumen dan produsen kelas X di SMAK Tarvid Ende. Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi ajar perilaku konsumen dan produsen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dapat ditingkatkan dimana pada siklus I nilai rata-rata di kelas adalah 77,14 dengan presentase ketuntasan 80,95% dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 79,04 dengan presentase ketuntasan 100%. Hasil penelitian ini memberikan contoh praktik baik penerapan model pembelajaran cooperative Script  pembelajaran mata pelajaran ekonomi di SMA sehingga dapat dijadikan contoh bagi guru dan sekolah lain jika mengalami masalah yang serupa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...