Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 2 (2021): NOVEMBER

Analisis Kualitas Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017 Berdasarkan Pendekatan Saintifik

Fadhil Akram Mustafa (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
Nursalam Nursalam (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks matematika berdasarkan indikator dalam pendekatan saintifik. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan jenis penelitian ini. Data dalam penelitian ini adalah data kesesuaian buku siswa matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 berdasarkan pendekatan saintifik terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan teknik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif. Prosedur dalam penelitian ini terdiri 3 tahapan, yaitu: (1) persiapan (2) pelaksanaan, dan (3) penarikan kesimpulan.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas buku teks matematika tersebut pada setiap bab yaitu pada Bab I sebanyak 40%, Bab II sebanyak 93%, Bab III sebanyak 95%, Bab IV sebanyak 100%, dan Bab V sebanyak 100%. Sedangkan untuk jumlah keseluruhan Bab didapatkan jumlah persentase kualitas buku teks berdasarkan pendekatan saintifik sebanyak 91%. Dapat disimpulkan bahwa kualitas buku teks matematika SMP kelas VIII kurikulum 2013 berdasarkan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori sangat baik dengan diterapkannya indikator-indikator dalam pendekatan saintifik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...