Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks matematika berdasarkan indikator dalam pendekatan saintifik. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan jenis penelitian ini. Data dalam penelitian ini adalah data kesesuaian buku siswa matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 berdasarkan pendekatan saintifik terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan teknik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif. Prosedur dalam penelitian ini terdiri 3 tahapan, yaitu: (1) persiapan (2) pelaksanaan, dan (3) penarikan kesimpulan.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas buku teks matematika tersebut pada setiap bab yaitu pada Bab I sebanyak 40%, Bab II sebanyak 93%, Bab III sebanyak 95%, Bab IV sebanyak 100%, dan Bab V sebanyak 100%. Sedangkan untuk jumlah keseluruhan Bab didapatkan jumlah persentase kualitas buku teks berdasarkan pendekatan saintifik sebanyak 91%. Dapat disimpulkan bahwa kualitas buku teks matematika SMP kelas VIII kurikulum 2013 berdasarkan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori sangat baik dengan diterapkannya indikator-indikator dalam pendekatan saintifik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021